Sistem Operasi dan Jenis-Jenisnya

Sistem Operasi atau sering disingkat OS(Operating System) adalah software system yang bertugas dalam kontroling dan memanajemen hardware serta operasi operasi dasar dari suatu sistem komputer. Manajemen ini termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata, musik, multimedia dan lainnya.
Sistem Operasi adalah software pertama yang ada dalam memori komputer pada saat booting. Sedangkan software lainnya akan dijalankan setelah OSnya berjalan lebih dulu. Pekerjaan OS setelah itu adalah melayani software-software lainnya.
Layanan yang biasa disediakan OS yaitu :
  1. Akses Disk
  2. Manajemen MemoriSistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunyai akses kepada sistem file.
  3. Penjadwalan Task, Jika ada beberapa program yang berjalan secara bersamaan sistem operasi akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga program-program tersebut tidak crash serta dapat berjalan sesuai prosedir.
  4. Pengaturan user interface
  5. dsb.
Ada beberapa tugas diatas seharusnya dikerjakan oleh software. Namun setelah adanya OS, software tak perlu mengerjakan tugas tugas tersebut. Nah bagian dari OS yang melakukan Tugas tugas inti tersebut adalah Kernel.
Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :
1. Mekanisme Boot. yaitu meletakan Kernel ke dalam Memori
2. Kernel, yang merupakan inti dari sebuah sistem Operasi
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari Pengguna
4. Pustaka-pustaka, sebagai penyedia kumpulan fungsi dasar dan standart yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
5. Driver, berguna untuk berinteraksi dengan Hardware eksternal.
Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat di zaman ini banyak jenis-jenis OS yang dapat kita temui di pasaran. Ada diantaranya yang harganya sangat mahal, dan ada juga yang gratis (contoh : Linux).
Beberapa Contoh OS Komputer sebagai berikut :
1. Windows
2. Linux
3. MacOS(Macintosh Operating System)
4. Solaris
5. Garuda OS (buatan Indonesia)

Leave a comment