Robot??? Gundam???

Dulu itu kalau denger kata robot hal yang terlintas dipikiran itu adalah Gundam, yap Gundam itu tuh macam mesin raksasa yang pokoknya keren deh bisa hancurin musunya pake pedang laser maupun meriam canon. Tapi setelah ane cukup besar dan juga searching di Internet ternyata robot itu bukan seperti Gundam ternyata banyak bentuk robot dan berbeda seperti yan ane pikirin selama ini.

Apa ya definisi Robot sesungguhnya? banyak ahli robotika yang mendefinisikan teknologi ini .

  • Contoh definisi dari RIA (Robot Institute of Amerika) , “Robot adalah sebuah manipulator yang dapat di program ulang untuk memindahkan tool, material, atau peralatan tertentu dengan berbagai program pergerakan untuk berbagai tugas dan juga mengendalikan serta mensinkronkan peralatan dengan pekerjaannya”
  • Kalau Official Japanese, “Robot adalah sebuah sistem mekanik yang mempunyai fungsi gerak analog untuk fungsi gerak organisme hidup, atau kombinasi dari banyak fungsi gerak dengan fungsi intelligent”.

Setelah definisi pasti gak sabar kan pengen tahu apa aja Jenis Jenis Robot. Adapun Jenis jenis robot itu bermacam macam yaitu :

      1.  Robot Mobil, Robot Mobil ini maksudnya konstruksi robot yang punya ciri khas punya aktuator berupa roda yang dapat melakukan mobilitas dari keseluruhan bagian robot itu sendiri dari titik asal ke suatu titik lainnya.

 Contoh penampakan robot Mobil

        2.  Robot Manipulator, biasanya sigh disebut robot tangan karena hanya punya satu tangan yang berpungsi memegang dan melakukan perpindahan barang. contoh robot ini adalah robot las di Industri mobil, robot merakit elektronik dll.

Contoh Robot Manipulator

        3.  Robot Humanoid, dari namanya aja ketahuan bahwa robot ini mempunyai kemampuan bakal menyerupai, baik fungsi atau cara bertindak.

Contoh : Ashimo

        4.  Robot Terbang, dari namanya robot ini mempunyai ciri khas yaitu bisa terbang di udara.  Biasanya digunakan untuk melihat aktifitas dari udara, atau sebagai sambungan komunikasi

Contoh Robot Terbang

        5.  Robot Berkaki, yap robot ini mempunyai kaki seperti hewan atau manusia, mampu melangkah seperti robot serangga, kepiting, dll

Contoh Robot Berkaki

        6.  Robot dalam air, dulu ane berpikir kalau robot itu kalau kena air bakalan rusak tapi sekarang zaman udah berkembang dan robot sekarang sudah bisa digunakan didalam air. Biasanya sih digunakan untuk memonitor kondisi di bawah laut dan juga mengambil sesuatu dari dalam air.

Contoh Robot Dalam Air

Leave a comment